Lencana Facebook

Next Generation

HANZ XMX

Minggu, 27 Januari 2013

K3 KRAKATAU STEELL

Keselamatan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3-LH) di PT. Krakatau Steel-Cilegon

Pada makalah Pengelolaan K3

  Latar Belakang
Penurunan dan peningkatan produktivitas suatu perusahaan atau pabrik berdampak langsung pada tenaga pekerjanya. Hal ini menjadi sangatlah penting bentuk keselamatan kerja pada suatu perusahaan bagi tenaga kerja sendiri. Minimnya perhatian terhadap keselematan kerja berdampak besar terhadap kerugian suatu perusahaan. Kerugian tersebut menyebabkan produksi pada suatu perusahaan terganggu. Kerugian yang berdampak pada tenaga pekerjanya seperti luka, cacat bahkan hingga menyebabkan meninggal. Selain itu kerugian juga berdampak pada property perusahaan menjadi timbul kerusakan pada bangunan dan peralatan kerja. Berbagai kerugian tersebut yang utama yaitu kerugian yang ditimbulkan pada profit mengalami penurunan.
Resiko bahaya kerja disebabkan oleh tiga hal yaitu, penyakit akibat kerja, kecelakaan kerja dan pencemaran lingkungannya. Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian tidak diduga (insident) yang mengakibatkan kacaunya proses pekerjaan/produksi yang direncanakan sebelumnya. Lingkup tersebut ada pada manusia, bahan bangunannya dan desain pekerjaan. Menurut Bird and German (1985), penyebab dan akibat kerugian pada kecelakaan kerja merupakan suatu proses yang saling mempengaruhi. Pengaruh utama dari lemahnya kontrol pekerjaan seperti program pekerjaan yang tidak sesuai dengan ahli tenaga kerjanya, standar yang tidak sesuai dan kepatuhan pelaksanaan. Kedua yaitu sebab dasar yang ditimbulkan pada faktor perorangan dan faktor kerja. Ketiga yaitu penyebab langsung pada kondisi yang tidak nyaman. Keempat yaitu insident (kontak) dengan energi atau bahan/zat. Sehingga menimbulkan suatu kerugian yang menyebabkan kecelakaan atau kerusakan yang tidak diharapkan. 
Untuk meminimalisirnya perlu pengawasan terhadap kecelakaan kerja. Salah satu pabrik yang menerapkan program Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) yaitu PT Krakatau Steel (PT KS) sebagai pabrik baja terbesar di Indonesia. Hal ini karena sebagai lingkungan kerja, pabrik merupakan lingkungan yang sangat luas dengan berbagai kondisi yang jelas tidak semuanya kuasai. Program K3 dituntut untuk dipahami secara utuh oleh semua pihak di lingkungan pabrik untuk terlaksananya pada semua pekerja guna meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja (Diklat PT KS, 2006).
...

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.